Raih Juara I Dunia, Pj Bupati Barsel Apresiasi Penari dan Budaya Barsel

Raih Juara I Dunia, Pj Bupati Barsel Apresiasi Penari dan Budaya Barsel

BUNTOK - Pencapaian prestasi emas di Wolrd Championship of Folklore (WCoF) XIV yang ditorehkan Tim Penari dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng) di Bulgaria, diapresiasi Pj Bupati Barsel, Deddy Winarwan. 

Deddy Winarwan, Senin (2/9/2024) mengaku bangga atas pencapaian prestasi Tim Budaya Pemkab Barsel dan Sanggar Ranu Mareh Desa Mabuan, di mana pada event yang digelar di Kota Sofia, Bulgaria, 28 Agustus hingga 1 September 2024 itu mereka sukses meraih medali emas dan nominasi grand prix.

"Sanggar Tari Ranu Mareh Mabuan dinobatkan secara aklamasi oleh dewan juri sebagai Absolute World Champion of Folklore for 2024 sekaligus mendapat Juara I dalam WCoF XIV. Prestasi yang luar biasa diraih Kontingen Tim Budaya Pemkab Barsel dan Sanggar Ranu Mareh Desa Mabuan, sangat membanggakan nama baik Indonesia khususnya Barito Selatan," tutur Deddy kepada metrokalimantan.com.

Menurutnya, keberhasilan di level dunia ini juga telah mengukuhkan posisi Barsel sebagai salah satu kabupaten dengan kreativitas seni budaya dan semangat kebersamaan yang tinggi. Semua itu menjadi bukti potensi seni dan budaya Dayak yang kaya dan sangat agung di Barsel dan sekitarnya.

Sanggar Tari Ranu Mareh Mabuan sukses menampilkan beberapa tarian tradisional, antara lain tari wadian dadas, tari wadian bawo, tari wurung tiung, tari wurung juwe, tari gunung perak, tari bulat, tari apai lawai serta tarian lainnya yakni tari rakyat. 

“Alhamdulillah Tim Seni Budaya Pemkab Barsel beserta Sanggar Tari Ranu Mareh Mabuan dinobatkan sebagai Absolute World Champion of Folklore for 2024 sekaligus mendapat Juara Dunia dalam World Championship of Folklore XIV di Bulgaria. Ini untuk pertama kalinya dalam sejarah Kabupaten Barito Selatan menjadi juara dunia dalam pentas Internasional dan tentu saja telah membawa nama baik daerah Barsel dan Kalteng di level Internasional,“ jelasnya.

Untuk diketahui, Tim Tari dan Budaya Barsel berhasil menjadi juara setelah mengungguli 42 tim yang berasal dari empat benua, antara lain Benua Eropa seperti Italia, Inggris, Portugal, Russia, Jerman, Polandia, Rumania, Serbia, Republik Ceko, Turki, Armenia, Belarusia, Bosnia dan Herzegovina, Bulgaria, Kroasia, Estonia, Georgia, Yunani, Hungaria, Latvia, Lithuania, Moldova, Montenegro, Makedonia Utara, Slovakia, Slovenia dan Ukraina.

Selanjutnya dari Benua Asia ada Indonesia, China, Korea Selatan, Thailand, Malaysia, Azerbaidjan, India, Iran, Kazakhstan, Mongolia, Philippina dan Uzbekistan. Sementara dari benua Amerika ada Kanada dan Bolivia, serta dari benua Afrika adalah Tanzania.[deni]

Lebih baru Lebih lama