Ratusan Pecinta Layang-layang Ramaikan Jembrana Kite Festival 2024

Ratusan Pecinta Layang-layang Ramaikan Jembrana Kite Festival 2024

KOTABARU - Jembrana Kite Festival kembali digelar di Sirkuit All in One Jembrana, 21 hingga 22 September 2024, Pantai Jembrana, Minggu (22/9/2024). 

Festival yang menghadirkan 370 layang-layang lokal dan internasional ini diikuti peserta dari sembilan negara, seperti Australia, Jerman, Korea, Swizerland, Italia dan Perancis, serta Kalimantan Selatan (Kabupaten Kotabaru), Yogyakarta, Surabaya, Kabupaten Jembrana dan Provinsi lainnya. 

Acara ini merupakan bagian dari perayaan HUT ke-79 RI sekaligus HUT ke-129 Kota Negara dengan tujuan untuk memperkenalkan budaya lokal sekaligus menarik wisatawan ke Kabupaten Jembrana.

Kite Festival XLVI tahun ini diharapkan menjadi magnet bagi pecinta layang-layang dari dalam dan luar negeri.

Pelangi Kabupaten Kotabaru juga melakukan atraksi sport Kita Parafoil 2 kendali dan 4 kendali dengan melanjutkan eksibisi layang-layang internasional serta perlombaan layang-layang tradisional. Selain Kotabaru, juga ambil bagian Tanah Bumbu yang juga mewakili Kalimantan Selatan. 

Ketua Perkumpulan Pelayang Seluruh Indonesia (Pelangi) Kotabaru, sekaligus perwakilan Pelangi Nasional se-Kalimantan Selatan, Lidyawati dalam sambutannya mengatakan, Pelangi Kite Kabupaten Kotabaru didukung Dinas Pariwisata Kotabaru, serta Ketua Komunitas ORARI Kotabaru. 

"Saya berharap kepada generasi anak-anak zaman sekarang agar tidak melupakan permainan peninggalan budaya yang sekarang ini telah menjadi cabang olahraga, dan juga dapat memperkenalkan budaya zaman dulu supaya tidak hilang dan terus kita lestarikan," ujarnya. 

Lidyawati menambahkan, layang-layang sebagai wadah kolaborasi antara Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotabaru dengan Disparpora Kabupaten Kotabaru, sekaligus Pelangi Kotabaru juga berbagi kebahagiaan dengan membagikan layang-layang hasil daur ulang sampah plastik menjadi layang-layang yang dibagikan kepada anak-anak Kabupaten Jembrana. 

"Festival XLVI ini bertujuan untuk mempromosikan budaya lokal dan memperkuat pariwisata di Kabupaten Kotabaru. Saya berharap acara ini dapat menjadi agenda tahunan yang memperkuat daya tarik pariwisata daerah," jelas Lidyawati. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Olahraga Kabupaten Jembrana, AA Komang Sapta Negara mengatakan, Festival Pelangi Kite ke XLVI tahun 2024 ini bertujuan untuk mempromosikan budaya lokal dan memperkuat pariwisata Jembrana

"Saya berharap acara ini dapat menjadi agenda tahunan yang memperkuat daya tarik wisata daerah Kabupatèn Jembrana," harapnya. 

Selain itu, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, yang membuka festival dengan pelepasan balon, menyampaikan apresiasinya terhadap atas terselenggaranya acara ini. Dia berharap Kite Festival XLVI yang diselenggarakan di Kabupaten Jembrana ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan. 

"Semoga di tahun depan kita dapat melaksanakannya dengan lebih meriah lagi, dan Kami sangat mengapresiasi atas pelaksanaan Jembrana Kite Festival 2024 ini," tuturnya. 

Event ini bukan hanya mempromosikan seni dan budaya kita saja, akan tetapi juga membawa dampak positif bagi perekonomian dan pariwisata Jembrana.

"Dengan antusiasme yang tinggi dari peserta dan pengunjung, Jembrana Kite Festival 2024 diharapkan akan meninggalkan kesan yang mendalam dan menarik lebih banyak perhatian pada budaya serta keindahan alam Kabupaten Jembrana," pungkasnya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama