Badan Kesbangpol Kalteng Sosialisasi Pencegahan Ekstremisme di Barito Selatan

Badan Kesbangpol Kalteng Sosialisasi Pencegahan Ekstremisme di Barito Selatan

ASISTEN II menyampaikan sambutan Bupati Barsel.| foto : apri

PALANGKA RAYA– Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Tengah menggelar sosialisasi pencegahan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme di Kabupaten Barito Selatan. Kegiatan ini berlangsung di Aula Setda Kabupaten Barito Selatan, Rabu (2/10/2024).

Acara ini melibatkan berbagai pihak, termasuk perwakilan dari Kementerian Agama, FKPT, Densus 88 Anti Teror, serta beberapa organisasi masyarakat setempat.

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalteng, Katma F. Dirun, menyampaikan harapannya bahwa kegiatan ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya ekstremisme.

"Diharapkan masyarakat dapat berperan aktif dalam membantu pemerintah mencegah aksi ekstremisme dan menjaga ketertiban menjelang Pilkada Serentak 2024," ujarnya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Barito Selatan, Rahmat Nuryadin, dalam sambutannya menyatakan bahwa perkembangan teknologi komunikasi yang cepat dapat memfasilitasi penyebaran radikalisme. 

"Perlu kerja sama semua pihak untuk memastikan langkah-langkah pencegahan ekstremisme berjalan sistematis dan terpadu," tegasnya.

Sosialisasi ini merupakan bagian dari Rencana Aksi Nasional Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan, yang dijalankan dengan memperhatikan prinsip hak asasi manusia, supremasi hukum, keadilan, serta pengarusutamaan gender dan pemenuhan hak anak.[apri]


Lebih baru Lebih lama