Bawaslu Pulang Pisau Ajak Media Tangkal Kabar Hoaks, Khususnya di Pilkada 2024

Bawaslu Pulang Pisau Ajak Media Tangkal Kabar Hoaks, Khususnya di Pilkada 2024

PULANG PISAU - Peran media dinilai sangat penting, terlebih dalam setiap pelaksanaan pemilu. Sebab, selain berfungsi sebagai menyampaikan informasi dan edukasi, media juga mampu menangkal kabar hoaks yang dapat merusak tatanan pesta demokrasi. 

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Pulang Pisau Zahrotul Mufidah kepada awak media, Kamis (17/10/2024) usai melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilihan Secara Tatap Muka, Pengawasan Siber dan Media Massa pada Pilkada Kabupaten Pulang Pisau tahun 2024, di Aula Bapperida daerah setempat. 

"Disini kita berbicara tentang pemilu yang tahapannya sudah berjalan, maka sebagaimana peran media sangat diperlukan dalam menyukseskan semua tahapan Pemilu 2024. Terutama ikut serta melakukan pengawasan siber dengan harapan pilkada Pulang Pisau yang aman dan minim dari berbagai macam pelanggaran," katanya. 

Lebih rinci, Zahrotul Mufidah menyebut poin dari kegiatan sosialisasi ini bertujuan dalam rangka meningkatkan peran partisipasi masyarakat dan efektivitas pengawasan siber sebagai bentuk upaya strategi pengawasan dalam menghadapi ancaman siber yang berpotensi mempengaruhi jalannya pemilihan serentak Tahun 2024.

"Jadi, tujuan kegiatan kita ini untuk dapat bersama melakukan pengawasan setiap tahapan Pilkada, khususnya melalui terkait penyebaran berita hoaks, ujaran kebencian, kampanye hitam taua black campaign melalui media medsos," ujarnya. 

Ia berharap, kegiatan yang diikuti sejumlah mahasiswa dan mahasiswi dari Universitas Muhammadiyah Pulang Pisau, Perwakilan organisasi wartawan, baik dari PWI, IJTI, IPJI PPWI, IWO, SPRI, PWN serta TVRI Pulang Pisau dan Radio H2FM Kabupaten Pulang Pisau dapat menerapkan di lingkungan masyarakat khususnya mengajak menjadi pemilik cerdas dengan selalu mengkonsultasikan ke pihak-pihak kompeten, termasuk dengan rekan media apabila mendapatkan informasi atau berita yang belum pasti dan jelas kebenarannya.

"Yang pastinya melalui kegiatan ini, kita semua berharap pelaksanaan pilkada serentak 2024, khususnya pilkada Pulang Pisau berjalan aman dan lancar sampai hari H nya nanti," tukasnya. 

Sementara perlu diketahui, narasumber yang dihadirkan pihak Bawaslu pada kegiatan tersebut , yakni Dr Syaifullah Darlan, MPd selalu Lektor koordinator Program Studi Magister Pendidikan Pascasarjana Universitas Palangka Raya.[manan]

Lebih baru Lebih lama