Festival Anak Kampung Laut 2024, Kurangi Gadget Tumbuhkan Kreativitas

Festival Anak Kampung Laut 2024, Kurangi Gadget Tumbuhkan Kreativitas

KOTABARU - Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga menggelar Festival Kreatifitas Anak Kampung Laut 2024 di Objek Wisata Pantai Gedambaan, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kabupaten Kotabaru, Minggu (13/10/2024).

Pengunjung wisata Pantai Gedambaan terlihat ramai pada pukul 08.00 Wita, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Guru dan murid yang mengikuti lomba sudah berada di tempat serta mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan yang akan diperlombakan.

Kepala Disparpora Kotabaru, Sonny Tua Halomoan ST ME, didampingi Kabid Event dan Pertunjukkan Disparpora Kotabaru, Rudi Nugraha mengatakan, Festival Kreatifitas Anak Kampung Laut diikuti dari peserta Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD), yang mana bertujuan menumbuhkan kreativitas anak-anak di Kotabaru, khususnya anak di Pulau Laut sehingga festival ini diberi nama festival anak laut.

Sony juga menyampaikan, peserta yang ikut dalam kegiatan Festival Kreatif Anak Kampung Laut ada sekitar 170 peserta, dari tingkat TK dan SD, di mana akan diperlombakan lagu anak masa ke masa, lomba fashion busana pantai anak, lomba mewarnai, lomba melukis layang-layang, dan lomba membuat relief pasir pantai.

"Pada saat festival berlangsung, anak-anak juga bisa bermain seperti Layang-layang, Basamsaman, Badakuan, Basimban, Tali, Asinan, Kepereng, Perang bantal di pantai, dan Panjat pinang di pantai," ujarnya.

Dalam hal ini, Kadisparpora Kotabaru Sonny Tua Halomoan menambahkan, wisata Pantai Gedambaan menjadi pilihan untuk Festival Kreatif Anak Kampung Laut, karena sampai saat ini tempat tersebut merupakan salah satu destinasi wisata unggulan yang terus dikembangkan di Kotabaru.

"Insya Allah tahun depan festival ini bisa naik di level Provinsi atau nasional,” Harapnya.

Dikesempatan itu pula, salah satu orangtua peserta, Asila mengaku bangga dan bahagia sebagai orang tua atas adanya festival ini, di mana anak-anak mempunyai wadah untuk melakukan kegiatan positif.

"Saya berharap fashion show yang diikuti kali ini menjadi pembelajaran dan pengalaman untuk anaknya agar lebih percaya diri, sehingga ke depannya lebih percaya diri dan bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi," pungkasnya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama