Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar Digital dan Konten Kreator, Ini Pesan Ketua IWO Kalteng

Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar Digital dan Konten Kreator, Ini Pesan Ketua IWO Kalteng

BUNTOK - Untuk memberikan pengetahuan sekaligus mewujudkan pelajar yang berwawasan dalam dunia jurnalistik, Pengurus Wilayah Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi Kalimantan Tengah menggelar kegiatan Pelatihan Dasar digital dan Konten Krator di Kabupaten Barito Selatan (Barsel).

Kali ini, Kamis (17/10/2024) pelatihan dipusatkan di SMK Negeri 1 Buntok. Kegiatan diikuti 50 siswa-siswi di Barsel.

Ketua IWO Kalteng, Deni Liwan dalam kesempatan ini menyampaikan, kegiatan yang digelar IWO Kalteng ini sebagai upaya menyiapkan generasi jurnalis profesional. 

Terlebih saat ini teknologi yang semakin maju sehingga para pelajar harus dapat memilah berita hoax yang mengarah ke arah negatif maupun fakta yang terjadi.

”dengan memiliki wawasan jurnalistik diharapkan para siswa memiliki wawasan serta talenta untuk menulis berita dan membuat konten. Pelatihan kali ini untuk para siswa dan merupakan tahap awal yang dilakukan IWO Kalteng," ucapnya.

Menurutnya, terdapat 50 peserta yang berasal dari SMK Negeri 1 Buntok yang mengikuti pelatihan ini.

Deni menegaskan, setiap wartawan profesional harus ditanamkan kejujuran untuk memberikan kepercayaan publik. Wartawan juga harus tetap bekerja dengan membawa kode etik jurnalistik sebagai pegangan. Proses regenerasi wartawan juga sangat penting di tengah pesatnya perkembangan teknologi. 

Meski demikian, lanjutnya, kesopanan tetap menjadi pegangan para jurnalis dibandingkan dengan keilmuan yang dimilki.

”Diharapkan para siswa mendapatkan ilmu pelatihan jurnalis dasar digital dan konten kreator melalui kegiatan ini,  mudah-mudahan para siswa dapat menjadi jurnalis yang baik,” pungkasnya.[]

Lebih baru Lebih lama