Gubernur Kalteng Perluas Akses Pendidikan melalui Beasiswa dan Kuliah Gratis

Gubernur Kalteng Perluas Akses Pendidikan melalui Beasiswa dan Kuliah Gratis

 PJ BUPATI Murung Raya Hermon saat menyampaikan laporannya.| foto : istimewa 

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran, memperkenalkan berbagai program strategis untuk meningkatkan akses pendidikan bagi masyarakat, termasuk program Beasiswa dan Tabungan Beasiswa (TABE) Berkah. 

"Program ini memberikan bantuan sebesar Rp7,5 juta per orang bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi," ujar Gubernur Sugianto saat ramah tamah dengan tenaga pendidik di Rumah Jabatan Bupati Murung Raya, Jumat (12/10/2024).

Selain bantuan biaya kuliah, Pemprov Kalteng juga menyediakan bantuan sosial berupa paket sembako setiap dua bulan bagi mahasiswa, serta protein seperti daging sapi, ayam, dan telur secara bergantian. 

Langkah ini dilakukan untuk memastikan mahasiswa, khususnya dari keluarga kurang mampu, mendapatkan asupan gizi yang memadai selama menempuh pendidikan.

Tidak hanya itu, Gubernur juga meluncurkan program kuliah gratis bagi 10.000 mahasiswa, yang ditargetkan untuk lulusan SMA dan SMK di Kalteng.

“Program ini memberikan kesempatan kepada anak-anak berprestasi namun kurang mampu untuk melanjutkan kuliah tanpa biaya,” ungkapnya.

Gubernur mendorong agar program ini disosialisasikan kepada masyarakat luas, sehingga lebih banyak anak muda Kalteng dapat melanjutkan pendidikan tinggi.

"Edukasikan program-program ini agar anak-anak kita dapat melanjutkan kuliah. Didik mereka untuk menjadi pemberani," tambahnya.

Sementara itu, Pj Bupati Murung Raya, Hermon, mengapresiasi dukungan Pemprov Kalteng dalam meningkatkan pendidikan di daerahnya. 

Ia juga menekankan pentingnya melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam mendukung pengembangan sumber daya manusia di wilayah tersebut melalui program beasiswa bagi pelajar di desa dan kelurahan.[apri]

Lebih baru Lebih lama