Hj Ananda Silaturahmi dan Melihat Warisan Budaya Banjar di Kawasan Sungai Jingah

Hj Ananda Silaturahmi dan Melihat Warisan Budaya Banjar di Kawasan Sungai Jingah

BANJARMASIN - Blusukan terus dilakukan Calon Wakil Walikota Banjarmasin Hj Ananda untuk menyapa sekaligus mendengar aspirasi warga di Kota Banjarmasin.

Belum lama tadi Hj Ananda berkesempatan mengunjungi kawasan Sungai Jingah di wilayah Kecamatan Banjarmasin Utara.

Kunjungan ini juga dimanfaatkan oleh Hj Ananda untuk lebih dekat dengan masyarakat dan melihat kekayaan budaya lokal, yaitu rumah adat Banjar yang masih kokoh berdiri di wilayah tersebut.

Dalam kesempatan itu, Hj. Ananda mengungkapkan kekagumannya terhadap keunikan dan kekuatan arsitektur rumah adat Banjar, yang menjadi simbol budaya dan sejarah panjang masyarakat Banjarmasin. Rumah-rumah tersebut masih mempertahankan ciri khasnya, meskipun telah melalui berbagai perubahan zaman.

“Rumah adat Banjar ini adalah bagian penting dari identitas kita sebagai masyarakat Banjarmasin. Selain berfungsi sebagai tempat tinggal, rumah ini mencerminkan nilai-nilai budaya yang harus kita jaga bersama,” ujar mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin itu.

Selain melihat rumah adat Banjar, Hj Ananda juga bersilahturahmi dengan warga Sungai Jingah dan menekankan pentingnya menjaga budaya lokal. Ia menekankan bahwa tradisi dan warisan leluhur harus tetap dijaga, terutama di tengah modernisasi yang cepat. 

"Jika terpilih pasangan Yamin-Ananda nomor urut 2 juga berkomitmen untuk menghadirkan program-program yang melindungi dan melestarikan rumah adat Banjar agar tetap dapat dinikmati oleh generasi mendatang," tegas Runner Up 1 Puteri Indonesia Tahun 2006 ini.

Dalam kesempatan itu, warga Kelurahan Sungai Jingah menyambut baik kedatangan Hj. Ananda dan mengungkapkan harapan besar agar calon pemimpin ini dapat membawa perubahan nyata dalam hal perbaikan fasilitas umum serta kesejahteraan kaum perumpan.

"Sudah bungas, baik, dan ramah beliau. Semoga jika beliau terpilih bisa membantu menyelesaikan masalah yang selama ini kami hadapi terutama para kaum perempuan," timpal Mega, salah satu warga Sungai Jingah.

Sekedar diketahui, pasangan Yamin-Ananda di Pilkada Banjarmasin Tahun 2024 dengan nomor urut 2 sendiri didukung oleh sejumlah parpol, diantaranya Gerindra, Nasdem, PPP, Partai Gelora, PSI, PBB, Partai Hanura, Partai Perindo dan Partai Buruh. Selain itu dukungan juga mengalir dari Omras, salah satunya Projo.[]
Lebih baru Lebih lama