Jelang Pilkada Serentak, Bakesbangpol Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif bagi Kalangan Pemilih Pemula

Jelang Pilkada Serentak, Bakesbangpol Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif bagi Kalangan Pemilih Pemula

BATULICIN — Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Tanah Bumbu Nahrul Fajeri ketika mengisi pemateri sebagai narasumber pada sosialisasi pengawasan yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tanah Bumbu, bertempat dihotel Ebony Batulicin, Rabu (3/10/2024). 

Dalam kesempatan itu, Kepala Bakesbangpol Nahrul Fajeri mensosialisasikan pentingnya pengawasan partisipatif bagi kalangan pemilih pemula pada Pilkada serentak tahun 2024 mendatang. 

Pemilih pemula adalah pertama kali memiliki hak suara dan tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). 

"Pemilih pemula adalah target untuk dipengaruhi, karena belum memiliki pengalaman voting pemilu dan jangkauan politik yang luas. Jadi masih berada pada sikap dan pemilihan politik yang belum jelas," kata Nahrul Fajeri. 

Dijelaskannya, tujuan pengawasan partisipatif diantaranya membentuk karakter dan kesadaran politik masyarakat, meningkatkan kualitas demokrasi, mendorong tingginya partisipasi publik, mencegah terjadinya konflik, dan menjadikan Pemilu berintegritas. 

Menurut Nahrul Fajeri, Pilkada tanpa pengawasan akan mengakibatkan terjadinya manipulasi suara, hilangnya hak pilih, politik uang, Pilkada tidak sesuai aturan dan timbulnya gugatan hasil pemilihan. 

Ia berharap, adanya peran pengawasan partisipatif dilingkungan masyarakat. Dengan memberikan infomasi, mengawasi atau memantau langsung, melaporkan dan mencegah pelanggaran.[ade]

Lebih baru Lebih lama