Kampanye di Pulang Pisau, Paslon Agustiar-Edy Janji Perjuangkan Kesejahteraan Masyarakat Kalteng

Kampanye di Pulang Pisau, Paslon Agustiar-Edy Janji Perjuangkan Kesejahteraan Masyarakat Kalteng

PULANG PISAU - Agustiar Sabran-Edy Pratowo atau Agustiar-Edy adalah salah satu dari kandidat yang maju sebagai pasangan calon atau paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Cagub-Cawagub Kalteng), pada pemilu 2024.

Membawa slogan Kalteng Berkah, Kalteng Maju, Lanjutkan Lebih Baik! Paslon Agustiar-Edy dengan nomor urut 03 optimis menang dari kandidat lainnya. 

Sebagai paslon yang elektabilitasnya menduduki tingkat pertama dari paslon lainnya, Agustiar-Edy pun tak jemawa. 

Pasalnya, mereka (Agustiar-Edy) terus mengunjungi 13 kabupaten 1 kota di wilayah Kalteng, yang tujuannya tidak lain guna menarik simpati dan empati lapisan masyarakat dalam rangka tahapan kampanye. 

"Saya bersama Pak Agustiar (Cagub Kalteng) beberapa kabupaten yang didatangi, paslon Agustiar-Edy nomor urut 03 ini penuh semangat berkampanye dengan mendatangi 13 kabupaten 1 kota di wilayah Kalimantan Tengah," ucap Cawagub Kalteng Edy Pratowo dihadapan para relawan pendukungnya, Jumat (25/10/2024) siang di GPU Handep Hapakat, Kota Pulang Pisau. 

Dalam orasinya, Edy menyatakan visi misinya bersama Agustiar Sabran yang siap melanjutkan serta memperjuangkan program-program strategis demi kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah, salah satunya  pembangunan di bidang infrastruktur. 
 
"Apabila kami dipercaya masyarakat Kalteng menjadi Cagub dan Cawagub, yang pertama akan kami lakukan untuk mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari berbagai sektor. Terutama ada tiga sektor di wilayah kita yang memiliki potensi besar dalam meningkatkan PAD, yakni di sektor pertambangan, perkebunan dan kehutanan," ucap Edy saat diwawancarai awak media usai kegiatan.
 
Ia menyebut, jika sektor tersebut dapat digarap dengan baik, nama sangat memungkinkan untuk menghasilkan APBD senilai 15 hingga 17 triliun rupiah.
 
"Dengan melakukan optimalisasi, intensifikasi pada PAD melalui berbagai sektor, maka akan menghasilkan anggaran yang besar. Melalui anggaran tersebut lah kita harus menyelesaikan pembangunan, khususnya di bidang infrastruktur jalan. Memang secara volume, 82 persen jalan di wilayah Kalteng itu sudah teraspal, namun karena sering dilewati kendaraan angkutan berat menjadikan jalan-jalan tersebut mengalami kerusakan," beber Edy. 

Bicara Kalteng, tentu tidak terlepas dari Kabupaten Pulang Pisau yang merupakan salah satu daerah cukup potensial untuk dikembangkan. Oleh karenanya, masalah pembangunan di kabupaten Bumi Handep Hapakat ini harus diselesaikan dan terus dibenahi. 
 
"Kembali apabila saya bersama Pak Agustiar Sabran dipercaya memimpin Kalteng, maka Kabupaten Pulang Pisau salah satu daerah yang akan kami benahi, karena saya sendiri pernah menjabat sebagai Bupati 2 periode di Pulang Pisau," ujarnya. 

Selanjutnya, Edy mengatakan bidang pendidikan, tidak hanya menggratiskan SD, SMP dan SMA saja. Namun, dijenjang lebih tinggi seperti biasa ke fakultas perguruan tinggi atau kuliah pun akan gratis. 

"Karena program sekolah gratis ini sudah diterapkan oleh Pak Sugianto Sabran yang sekarang sudah ada 10.000 calon mahasiswa yang masuk ke perguruan tinggi gratis di 32 perguruan tinggi yang ada di Kalteng," ungkapnya.
 
Kemudian lagi, disampaikan Edy, ada beasiswa Rp7.500.000 dan sekarang sudah pada tahap kedua, dan bantuan untuk petani melalui kartu tani yang saat ini sudah 40 ribu dilaunching dari 92 ribu kartu tani serta ditambah 20 ribu untuk kartu nelayan dari 50 nelayan yang ada di wilayah Kalimantan Tengah, termasuk kuotanya ada di Kabupaten Pulang Pisau

"Juga terkait dengan program guru, ada bantuan yang dinamakan dengan bantuan peningkatan mutu guru melalui kegiatan bimtek, dan ini sudah dianggarkan. Ke depan ini akan terus kita perbaiki dalam hal penghasilan guru-guru kita. Juga ada memberikan kepada 1.208 guru Paud yang sudah di review oleh Kemendagri yang nantinya akan mendapatkan bantuan Rp1 juta perbulan. Kemudian juga ada insentif untuk guru ngaji dan sekolah minggu," terang Edy. 

Sementara kedatangan paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng Agustiar Sabran dan Edy Pratowo ke Kabupaten Pulang Pisau disambut hangat ribuan warga yang terdiri dari pendukung maupun relawan paslon Agustiar-Edy.

Paslon Agustiar-Edy sendiri didukung dan diusung 5 partai koalisi yang tergabung dalam koalisi Huma Betang yakni, Partai Gerindra, PAN, PKS, PSI dan PKN.[rilis/manan]
Lebih baru Lebih lama