Lagi, IWO Barsel Gelar Pelatihan Jurnalistik SMKN 1

Lagi, IWO Barsel Gelar Pelatihan Jurnalistik SMKN 1

BUNTOK - Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) bersama Pengurus Wilayah IWO Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Pelatihan Jurnalistik Dasar Digital dan Konten Kreator di SMK Negeri 1 Buntok, Kamis (17/10/2024).

Ketua IWO Barsel, Irvan Haris Fuariputra mengatakan, Pelatihan Jurnalistik Dasar Digital dan Konten Kreator untuk pelajar tingkat Sekolang Menengah Atas (SMA) merupakan salah satu program kerja IWO Barsel di tahun 2024.

"Untuk tahun 2024, kita melakukan pelatihan jurnalistik dasar digital dan Konten Kreator di beberapa sekolah tingkat SMA dan SMK yang ada di Barsel," ucap pria asli Dayak Barito ini.

Dia mengungkapkan, tujuan dilakukan pelatihan ini untuk mengenalkan dan meningkatkan minat pelajar untuk menjadi penulis. Selain itu, IWO Barsel juga memberikan pemahaman dasar kepada pelajar tentang penulisan berita dan konten kreator yang baik dan benar.

Dirinya berharap pelatihan jurnalistik ini dapat menghasilkan generasi muda yang gemar menulis terutama menulis berita dan membuat konten yang benar.

Ketua IWO Kalteng, Deni Liwan mengatakan, melalui Pelatihan Jurnalistik Dasar Digital dan Konten Kreator  yang dilaksanakan ini diharapkan dapat meningkatkan kecakapan literasi dan mengasah keterampilan menulis.

"Kegiatan ini juga selaras dengan salah satu program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek)," ungkap pria yang akrab disapa Denis ini.

Menurutnya, melalui kegiatan ini tentu pihaknya akan memberikan pelatihan kepada pihak sekolah maupun siswa terkait bagaimana membuat karya tulis jurnalistik dan konten kreator.

Sehingga, lanjutnya, pihak sekolah maupun siswa akan lebih giat dalam kegiatan jurnalistik melalui majalah dinding, buletin sekolah, bahkan platform digital seperti website maupun media sosial (medsos).

"Kegiatan ini untuk memicu semangat literasi bagi pelajar. Setelah terbentuknya komunitas mereka memiliki wadah untuk menyalurkan karya tulis dan konten kreator menjadi tempat untuk saling berkomunikasi antar pelajar,” pungkasnya.[]

Lebih baru Lebih lama