Pancasila Sebagai Pondasi Kuat, Kalteng Siap Wujudkan Indonesia Emas

Pancasila Sebagai Pondasi Kuat, Kalteng Siap Wujudkan Indonesia Emas

PALANGKA RAYA – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kalimantan Tengah menggelar upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman kantor Dinas ESDM, Senin (1/10/2024).

Upacara tersebut dihadiri oleh seluruh ASN dan tenaga kontrak, dengan Kepala Dinas ESDM Prov. Kalteng, Vent Christway, sebagai inspektur upacara yang menyampaikan sambutan Gubernur Kalimantan Tengah.

Dalam sambutannya, Gubernur Kalimantan Tengah menegaskan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara. “Pancasila adalah dasar negara yang tak tergantikan, dan harus menjadi pegangan kita dalam memperkokoh NKRI,” ujar Gubernur dalam sambutannya.

Tema peringatan kali ini adalah "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas", dengan visi menjadikan Indonesia negara maju pada 2045, melalui empat pilar: sumber daya manusia unggul, demokrasi yang matang, pemerintahan yang baik, dan keadilan sosial.

Saat ini Provinsi Kalimantan Tengah sudah di jalan yang tepat dalam menunjukkan semua aspek pembangunan yang ada, dengan ditandai dengan program-program unggulan yang langsung berdampak kepada masyarakat dengan inflasi menurun, pendapatan daerah meningkat serta angka stunting berkurang. Seperti halnya di dunia pendidikan, pemerintah provinsi telah mengalokasikan hampir 20% APBD guna menciptakan sumber daya manusia unggul, serta diharapkan ini juga diikuti oleh pemerintah Kabupaten/Kota di Kalimantan Tengah.

Gubernur juga menyoroti perkembangan positif di Kalimantan Tengah, seperti peningkatan APBD hingga Rp10,2 triliun pada 2024, penurunan inflasi, serta penurunan angka stunting. 

Menutup sambutannya, Gubernur mengajak masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam Pilkada Serentak 2024 pada 27 November 2024. 

“Gunakan hak pilih Anda. Jangan golput, mari kita wujudkan pemilu yang damai, demokratis, dan bermartabat,” pungkasnya.[apri]
Lebih baru Lebih lama