Para Kader Posyandu Kecamatan Kahayan Hilir Ikuti Orientasi Kompetensi Dasar, Ini Kata Pj Bupati

Para Kader Posyandu Kecamatan Kahayan Hilir Ikuti Orientasi Kompetensi Dasar, Ini Kata Pj Bupati

PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), menggelar acara Orientasi Kompetensi Dasar Kader Posyandu Tingkat Kabupaten Pulang Pisau. 

Kegiatan resmi dibuka Pj Bupati Pulang Pisau, Hj Nunu Andriani di Aula Auditorium RSUD daerah setempat, Senin (7/10/2024). 

"Posyandu ini merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang menjadi milik masyarakat dan menyatu dalam kehidupan dan budaya masyarakat," kata Nunu sapaan akrab Pj Bupati Pulang Pisau. 

Ia menyebut, kegiatan bagi kader posyandu ini tidak lain sebagai upaya agar dapat memiliki kemampuan dan sumber daya manusia atau SDM yang unggul untuk terus bersinergi dengan pemerintah dalam mendukung an terwujudnya Kabupaten Pulang Pisau BASEWUT (Beragama, Agraris, Sehat, Edukatif, Wisata, Terkoneksi). 

"Jadi, selain menjalankan tugas dalam menurunkan angka kematian bayi, angka kematian ibu, melahirkan dan nifas, meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyaarakat sehat sejahtera," ujarnya Nunu. 

Ia juga berharap melalui kegiatan ini, para kader posyandu agar lebih berperan aktif lagi dalam pencegahan dan penanganan stunting. Sebab, lanjut Nunu, permasalahan stunting merupakan hal yang sangat prioritas yang berdampak jangka panjang bagi generasi mas depan negara dan daerah Kabupaten Pulang Pisau. 

"Karena permaslahan stunting ini menyangkut generasi kita. Maka jika tidak segera ditangani secara bersama-sama sejak dini, tentunya usaha kita untuk membangun negerasi masa depan menjadi generasi yang unggul, berdaya saing dan berkualitas, tentunya akan sangat sulit bagi kita untuk mewujudkannya," bebernya. 

Nunu menekankan kepada para camat, lurah dan kepada desa, agar dapat memberikan perhatian serta memberdayakan kader posyandu, termasuk mendukung dari segi anggaran. 

"Nanti insentif kader posyandu dapat ditambah melalui optimalisasi penggunaan DD, karena posyandu berserta kadernya ini adalah ujung tombak kita dalam pelayanan kesehatan," tutupnya. 

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Pulang Pisau dr Pande Putu Gina mengatakan kegiatan orientasi ini, diikuti kurang lebih 80 kader posyandu yang ada di wilayah Kecamatan Kahayan Hilir. 

"Nantinya, akan berlanjut ke kecamatan lainnya. Kami berharap setelah mengikuti orientasi pelatihan ini kader posyandu memiliki kemampuan baik penyuluhan, penimbangan dan pengukuran bayi dan balita. Intinya kegiatan ini untuk menambah kemampuan-kemampuan kader Posyandu dalam meningkatkan 25 keterampilan dasar posyandu," ucap dr Pande kepada awak media.[manan]

Lebih baru Lebih lama