Pastikan Kelancaran Pilkada, Pj Bupati Barsel Ikuti Zoom Meeting

Pastikan Kelancaran Pilkada, Pj Bupati Barsel Ikuti Zoom Meeting

BUNTOK - Koordinasi dengan berbagai pihak juga terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel). Ini tak lain untuk memastikan kelancaran pelaksanaan pemungutan suara terkait kesiapan pelaksanaan Pilkada di masing-masing daerah.

Terkait hal ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng menggelar rapat melalui zoom meeting di ruang rapat VIP Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Rabu (9/10/2024). 

Zoom meeting dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Barsel, Deddy Winarwan, Sekretaris Daerah Barsel, Asisten, Kepala perangkat Daerah, Komisioner KPU Barsel dan Bawaslu.

Deddy menyampaikan, terkait pelaksanaan Pilkada yang akan dilaksanakan bulan November nanti, pada prinsipnya Pemkab Barsel siap secara penuh mendukung Pilkada serentak.

"Untuk itu, dukungan dana Pilkada, baik itu kepada KPU, Bawaslu, TNI, Polri sudah kami cairkan dan kami serahkan. Dan doa kita bersama untuk masyarakat Barsel, siapapun yang terpilih nanti semoga bisa memajukan Barito Selatan yang lebih baik dan sejahtera," ucapnya.

Menurutnya, Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri wajib bersikap netral dalam Pilkada. Penekanan ini penting untuk memastikan integritas dan keadilan dalam proses demokrasi, serta mencegah potensi konflik kepentingan.

"Netralitas ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan Pilkada,'' ujar Deddy.

Komisioner KPU Barsel, Divisi Perhubmas dan SDM, Gazalirrahman memastikan siap pada Pilkada di Barsel. Selain itu, juga memastikan kelancaran pemungutan suara dan perhatian khusus diberikan pada aspek keamanan dan kesehatan, mengingat situasi yang mungkin dipengaruhi oleh faktor luar seperti cuaca atau pandemi.

''Untuk Presentasi kesiapan di Kabupaten Barito Selatan sudah mencapai 85%, tinggal logistik yang nantinya akan kita lengkapi penerimaannya dari penyedia  seperti surat suara, kotak suara dan lain-lain," pungkasnya.[harlianto]

Lebih baru Lebih lama