Pemko Palangka Raya Dorong Peningkatan Kualitas Data Lewat Program Kelurahan Cantik

Pemko Palangka Raya Dorong Peningkatan Kualitas Data Lewat Program Kelurahan Cantik

PALANGKA RAYA - Pemerintah Kota Palangka Raya terus mendorong peningkatan kualitas pengelolaan data di tingkat kelurahan melalui program Kelurahan Cinta Statistik (Cantik), sebagai bagian dari Satu Data Indonesia. 

Tahun ini, Kelurahan Habaring Hurung menjadi kelurahan pertama yang dibina oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Palangka Raya dalam pengelolaan data sektoral berbasis website.

Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, menegaskan bahwa program ini bertujuan untuk membangun tata kelola data yang akurat dan selalu diperbarui. 

"Dengan adanya tata kelola data yang baik di tingkat kelurahan, kebijakan yang diambil oleh pemerintah kota dapat lebih tepat sasaran dan berdampak positif bagi masyarakat," jelas Hera, Kamis (3/10/2024).

Lebih lanjut, Hera menekankan pentingnya kolaborasi antarinstansi terkait, seperti Dinas Kominfo Statistik dan Persandian serta Bappedalitbang, yang merupakan bagian dari Forum Data. 

"Kita harus bersama-sama mendukung program ini. Dengan adanya koordinasi yang baik, kami yakin program Kelurahan Cantik dapat berkembang di seluruh kelurahan," tambahnya.

Hera berharap program ini tidak hanya diterapkan di Kelurahan Habaring Hurung, tetapi juga diadopsi oleh kelurahan-kelurahan lain di Kota Palangka Raya. 

"Saya berharap kelurahan lain juga dapat menerapkan tata kelola data yang baik, sehingga pembangunan kota bisa lebih terencana dan terukur," pungkasnya.[apri]
Lebih baru Lebih lama