Pemko Palangka Raya Galakkan Tanam Padi dan Cabai untuk Ketahanan Pangan

Pemko Palangka Raya Galakkan Tanam Padi dan Cabai untuk Ketahanan Pangan

PALANGKA RAYA – Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, memimpin Gerakan Menanam Padi Gogo dan Cabai sebagai bagian dari upaya memperkuat ketahanan pangan di Kecamatan Rakumpit, Selasa (15/10/2024). 

Penanaman dilakukan di lahan Kelompok Tani Berkah Jaya Utama untuk padi gogo, dan di Kelompok Tani Agro Sukses Bersama untuk cabai.

Hera menyatakan bahwa gerakan ini merupakan komitmen pemerintah kota dalam mendukung program ketahanan pangan nasional. 

“Kolaborasi dengan Forkopimda, Bank BI Kalimantan Tengah, Perum Bulog, dan pihak terkait lainnya menjadi langkah penting untuk mencapai ketahanan pangan,” jelasnya.

Program ini didampingi Dinas TPHP Provinsi Kalimantan Tengah dengan target penanaman 200 hektar padi, terdiri dari padi gogo dan padi sawah. Langkah tersebut diharapkan dapat menguatkan cadangan pangan di Kota Palangka Raya.

Hera juga menyoroti pentingnya penanaman cabai untuk mengendalikan inflasi, mengingat harga cabai masih tinggi meski stok mencukupi. “Langkah ini untuk menjaga stabilitas harga menjelang Natal dan Tahun Baru,” tambahnya.

Gerakan ini diharapkan tidak hanya memperkuat ketahanan pangan lokal, tetapi juga menstabilkan harga kebutuhan pokok di pasaran.[apri]
Lebih baru Lebih lama