Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Memperkuat Ikatan Bangsa

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Memperkuat Ikatan Bangsa

PALANGKA RAYA – Pemerintah Kota Palangka Raya menggelar upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Wali Kota Palangka Raya, Selasa (1/10/2024).

Upacara tersebut dihadiri oleh TNI, Polri, serta seluruh ASN di jajaran Pemko Palangka Raya, dengan Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, sebagai inspektur upacara yang menyampaikan amanatnya.

Dalam sambutannya, Hera menegaskan bahwa Hari Kesaktian Pancasila merupakan momen penting untuk mengingatkan semua warga negara tentang kekuatan ideologi Pancasila. 

“Hari Kesaktian Pancasila adalah hari pengingat bagi kita seluruh warga Indonesia, akan kuatnya ideologi yang sudah kita anut selama puluhan tahun ini,” ujar Hera.

Tema peringatan tahun ini adalah "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas," yang menekankan peran vital Pancasila dalam mencapai masa depan yang cerah bagi bangsa. Hera juga menyebutkan bahwa sejarah telah membuktikan kesaktian Pancasila yang tidak bisa digantikan oleh apapun. 

"Ada begitu banyak peristiwa dan gangguan yang ingin menggantikan posisi Pancasila, namun hingga saat ini, belum ada yang bisa menggeser kesaktiannya,” tambahnya.

Di akhir sambutannya, Hera menghormati perjuangan para pahlawan yang telah berkorban demi mempertahankan Pancasila. 

“Hari ini juga menjadi pengingat bagi kita akan perjuangan pahlawan-pahlawan terdahulu dalam menjaga Pancasila. Mereka berkorban materi, raga, bahkan nyawa hanya untuk bangsa dan negara ini,” pungkasnya.[apri]

Lebih baru Lebih lama