Pj Bupati Resmikan Markas PMI Pulang Pisau

Pj Bupati Resmikan Markas PMI Pulang Pisau

PULANG PISAU - Penjabat (Pj) Bupati Pulang Pisau Hj Nunu Andriani meresmikan markas Palang Merah Indonesia (PMI) daerah setempat, Sabtu (26/10/2024) di lingkungan BLUD RSUD Pulang Pisau. 

Agenda peresmian ini, sekaligus dirangkai dengan melaksanakan sunatan massal gratis yang diikuti belasan anak-anak. 

"Peresmian markas PMI Pulang Pisau ini merupakan langkah yang sangat positif dan strategis dalam rangka mendukung pelayanan kemanusian di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat," kata Nunu sapaan akrab Pj Bupati Pulang Pisau.

Ia menjelaskan, PMI merupakan sebuah organisasi yang memiliki peran vital dalam berbagai bidang, baik di sektor kesehatan dan kemanusiaan saat terjadi suatu bencana. 

"Jadi, peran PMI ini bukan hanya sekedar menyediakan stok darah saja, tetapi perannya juga sangat erat dalam membantu pemerintah, khususnya saat terjadi bencana," sebut Nunu. 

Ia berharap, semoga dengan adanya markas bagi PMI ini pihaknya lebih responsif, cepat, dan tepat dalam memberikan layanan serta bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. 

"Terima kasih kepada seluruh pihak terkait, baik pengurus PMI Provinsi Kalteng maupun kabupaten, para donatur, tenaga medis, sampai relawan yang dengan tulus berpartisipasi dalam kegiatan ini hingga berjalan dengan lancar dan sukses," ucap Nunu. 

Sementara, Ketua PMI Kabupaten Pulang Pisau, Muliyanto Budihardjo mengatakan, berbagai macam kegiatan yang dilakukan PMI seperti kegiatan kemanusian sampai saat ini terus dilakukan. Walaupun saat ini PMI tidak dalam tanggap darurat, pihaknya selalu mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas PMI itu sendiri.

"Saat ini kan kita sudah ada markas, maka kedepannya akan lebih mempermudah PMI dalam menjalankan tugas-tugas kami tentunya," ucap Mul.

Ia menjelaskan, sampai saat ini PMI terus melakukan pertemuan bersama para relawan dan melakukan pembinaan Palang Merah Remaja (PMR). Kedepannya, pihaknya berharap kepada BLUD RSUD dapat bekerjasama dalam mengelola pendonor darah.

"Karna saya lihat motivasi masyarakat sangat tinggi dalam keikutsertaan mendonor dan kedepannya masyarakat bisa datang ke markas PMI untuk melakukan donor," imbuhnya.[rilis/manan]
Lebih baru Lebih lama