PMI Gandeng PWI Kapuas dan UTD Rumah Sakit Gelar Aksi Donor Darah

PMI Gandeng PWI Kapuas dan UTD Rumah Sakit Gelar Aksi Donor Darah

SUASANA aksi donor darah PMI bersama PWI dan RSUD Kapuas.| foto : zulkifli 

KUALA KAPUAS - Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Kapuas mengelar aksi donor darah, Minggu pagi (27/10/2024) di halaman Kantor PWI Jalan Maluku kawasan Car Free Day Kota Kapuas. Aksi donor darah ini bekerjasama dan turut didukung Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Kapuas serta Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kapuas.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kebutuhan darah yang tinggi, terutama untuk kasus-kasus darurat di rumah sakit.

Aksi donor darah ini berhasil menarik perhatian puluhan  pengunjung, dalam kegiatan ini, masyarakat yang sedang beraktivitas di area CFD cukup antusias berpartisipasi langsung sebagai pendonor.

Semua calon pendonor diperiksa kesehatannya terlebih dahulu, termasuk pemeriksaan tekanan darah dan kadar hemoglobin, untuk memastikan mereka layak mendonorkan darah.

Ketua Harian PMI Kapuas dr. H.Ahmad Haspiani mengatakan aksi donor darah ini rencana akan rutin dilaksanakan setiap hari Minggu pada CFD.

"Kami hari ini PMI bersama UTD Rumah sakit, plus IDI yang juga didukung PWI Kapuas bekerjasama untuk memberikan pelayalanan kepada masyarakat menyiapkan darah yang diperlukan," kata dr Haspiani.

Ia juga memberikan apresiasi kepada para peserta yang dengan sukarela mendonorkan darahnya. 

"Donor darah adalah bentuk kepedulian sosial yang tinggi dan kontribusi nyata bagi sesama, terutama bagi pasien yang membutuhkan," ujar dr Ahmad Haspiani yang juga Ketua IDI Kapuas itu.

Sementar, PWI Kapuas Sri Hayati berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya donor darah. Ketua PWI menegaskan bahwa aksi sosial seperti ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial mereka sebagai wartawan untuk membantu masyarakat.

"Dengan adanya kolaborasi antara PMI, RSUD, dan PWI, diharapkan stok darah selalu tercukupi sehingga tidak ada pasien yang kesulitan mendapatkan darah," pungkasnya.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama