Potensi Perairan Palangka Raya Dukung Keberlanjutan Perikanan

Potensi Perairan Palangka Raya Dukung Keberlanjutan Perikanan

PALANGKA RAYA – Dengan luas perairan umum mencapai 515,8 km² yang meliputi sungai, danau, dan rawa, Kota Palangka Raya memiliki potensi besar untuk mengembangkan sektor perikanan tangkap yang berkelanjutan. 

Pemerintah Kota, melalui Dinas Perikanan, mendorong pemanfaatan potensi ini guna mendukung kesejahteraan nelayan kecil dan memacu pertumbuhan ekonomi lokal.

Kepala Dinas Perikanan, Indriarti Ritadewi, menyebut bahwa perairan Kota Palangka Raya, yang tersebar di lima kecamatan, memiliki kekayaan sumber daya ikan seperti toman, baung, dan gabus yang bernilai ekonomi tinggi. 

"Sungai, danau, serta rawa di wilayah kita memainkan peran penting dalam menyediakan bahan baku perikanan bagi masyarakat," ujarnya, Selasa (15/10/2024).

Indriarti menegaskan bahwa pemanfaatan sumber daya perikanan ini akan memberikan manfaat nyata bagi para nelayan dalam meningkatkan pendapatan mereka, sekaligus menjaga kelestarian sumber daya ikan.

Pemerintah terus berupaya meningkatkan kapasitas nelayan melalui pelatihan dan program pemberdayaan, sehingga mereka tidak hanya mendapatkan penghidupan saat ini, tetapi juga mampu menjaga keberlanjutan sumber daya bagi generasi mendatang.

"Melalui komitmen ini, kami ingin memastikan bahwa kesejahteraan nelayan dapat terus meningkat, sejalan dengan kelestarian perairan yang tetap terjaga," pungkasnya.[apri]
Lebih baru Lebih lama