Prestasi Desa Sabuai Diharapkan Jadi Inspirasi untuk Desa-Desa Lain di Kalteng

Prestasi Desa Sabuai Diharapkan Jadi Inspirasi untuk Desa-Desa Lain di Kalteng

 MENDAGRI bersama Kepala Desa Penerima Penghargaan.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalimantan Tengah, H. Aryawan, memberikan apresiasi tinggi kepada masyarakat Desa Sabuai atas prestasi luar biasa mereka meraih Juara I Lomba Desa dan Kelurahan Berprestasi Tingkat Nasional Regional III. 

Penghargaan ini diterima dalam acara Penganugerahan Desa dan Kelurahan Berprestasi Tahun 2024, yang diselenggarakan di Bali, Selasa (8/10/2024).

Desa Sabuai, yang terletak di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, berhasil mengalahkan desa-desa lain dari Kalimantan Barat dan Sulawesi Selatan.

Penghargaan ini tidak hanya disebabkan oleh infrastruktur yang memadai, tetapi juga berkat inovasi dalam pemberdayaan masyarakat, termasuk pelatihan keterampilan, pengembangan usaha mikro, dan pelestarian budaya lokal.

Aryawan menyatakan bahwa keberhasilan ini merupakan buah dari sinergi dan kerja keras seluruh masyarakat desa, yang telah membuktikan kemampuan mereka untuk bersaing di tingkat nasional. Prestasi ini diharapkan menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di Kalimantan Tengah.

"Kami akan terus mendukung dan membina kemandirian desa-desa di Kalimantan Tengah, sebagaimana yang selalu didorong oleh Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran," tambah Aryawan.[apri]

Lebih baru Lebih lama