Siapkan Generasi Penerus, Guru Harus Miliki Kecerdasan Tinggi

Siapkan Generasi Penerus, Guru Harus Miliki Kecerdasan Tinggi

BUNTOK – Tugas menjadi profesi guru sangat penting, mengingat tugas guru memiliki hal yang sangat kompleks. Maka dari itu, sudah selayaknya  guru memiliki kepintaran dan kecerdasan tinggi dalam rangka menyiapkan generasi penerus yang lebih baik dalam segala hal. 

“Karena seorang guru yang baik akan menjelaskan sesuatu yang baik pula kepada muridnya, sehingga murid pun bisa mengerti dari apa yang dijelaskan sang guru,” kata Rida Sri Ahlina, Anggota DPRD Barsel, Minggu (6/10/2024).

Rida mengatakan, ketidaklayakan guru bisa berakibat terjadinya kecacatan dalam proses pembentukan pola pikir, pengasahan mata hati dan pembiasaan perilaku sosial peserta didik, yang merupakan  sebagai jembatan masa depan. 

Selain itu, kata Politisi dari PAN Barsel ini, guru juga harus bisa memastikan bahwa peserta didiknya  sebagai jembatan bagi masa depan mereka menuju masa depan.  

“Karena dalam mempersiapkan masa depan dari anak didik, guru tidak cukup hanya mengajarkan yang diketahuinya saja, melainkan berbagai pendidikan yang bersifat menambah pengetahuan dan wawasan yang luas pun harus diberikan juga,” terangnya. 

Perlu diketahui, kata dia, bahwa tugas dunia pendidikan adalah membentuk kepribadian yang unggul dan mulia serta mengajarkan pengetahuan dan keterampilan.  

Dengan guru yang hebat, kata politisi wanita ini,  maka akan mampu memberikan inspirasi serta  memotivasi bagi muridnya, sehingga mampu berbuat sesuatu yang baik dengan kemampuannya sendiri. 

“Di situlah pentingnya guru sebagai sumber keteladanan yang bisa memberikan kemampuan serta menumbuhkan suatu motivasi,” ujarnya.[deni]

Lebih baru Lebih lama