Tim DESK Pilkada Pulang Pisau Siap Sukseskan Pemilu di Bumi Handep Hapakat

Tim DESK Pilkada Pulang Pisau Siap Sukseskan Pemilu di Bumi Handep Hapakat

PULANG PISAU - Pj Bupati Pulang Pisau Hj Nunu Andriani bersama Tim Koordinasi Dukungan Elemen Satuan Kerja (DESK) Pilkada Kabupaten Pulang Pisau tahun 2024, menggelar rapat koordinasi dan sekaligus melaksanakan monitoring ke sejumlah titik tempat pemungutan suara atau TPS di wilayah Kecamatan Kahayan Hilir, Senin (21/10/2024). 

Kegiatan yang dipimpin langsung Pj Bupati Pulang Pisau ini, dalam rangka mensukseskan  pilkada serentak 2024 di kabupaten Bumi Handep Hapakat sesuai tahapan yang sudah dijadwal pihak penyelenggara, yakni KPU daerah setempat. 

"Kegiatan ini upaya bersama dengan para stakeholder untuk mensukseskan pesta demokrasi di Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Pulang Pisau tahun 2024," ucap Nunu sapaan akrab Pj Bupati Pulang Pisau kepada awak media. 

Ia mengatakan, Tim DESK Pilkada 2024 terbentuk berdasarkan Permendagri Nomor 9 Tahun 2005 tentang Pedoman Bagi Pemerintah Daerah dalam Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

"Berdasarkan Permendagri tadi, kita Pemkab Pulang Pisau beserta stakeholder terkait  merupakan amanah bersama untuk dapat mensukseskan Pilkada serentak 2024. Ini wajib kita laksanakan, agar setiap tahapan Pilkada berjalan dengan lancar, aman dan damai," sebut Nunu. 

Lebih lanjut, sebagainya kewenangan yang diamanahkan tersebut, maka Tim DESK Pilkada Kabupaten Pulang Pisau berkomitmen mendukun dengan memberikan fasilitas berupa persiapan-persiapan dalam pelaksanaan Pilkada, seperti sosialisasi dan informasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Pilaksa Pulang Pisau 2024.


"Tentu dengan menjaga dan memelihara kondisi di masyarakat, agar aman tertib dan kondusif, serta dengan memastikan kelancaran distribusi logistik pilkada baik dengan penyelengara pilkada maupun dengan pihak TNI dan Polri, terkhusus di daerah yang aksesnya cukup sulit dijangkau," ujar Nunu. 

Tambahnya, guna mewujudkan suksesnya tahapan demi tahapan di Pilkada Pulang Pisau 2024, maka Tim DESK bersama unsur forkopimda pihak kecamatan tadi sudah mendapatkan masukan dari pihak-pihak terkait untuk melakukan koordinasi dan komunikasi antara camat, panwascam, lurah/kepala desa dengan PPS dan pengawas kelurahan maupun desa.


"Gambaran kondisi di lapangan sudah kita petakan, termasuk persiapan distribusi logistik menuju titik-titik TPS kondisinya sudah terpetakan. Khusus di Kecamatan Kahayan Hilir ini ada 23.608 pemilih dengan 46 TPS. Kita juga berharap sinyal komunikasi dan jaringan internet ada dan stabil, agar komunikasi tidak terhambat dan dapat mengetahui kondisi serta gejolak yang ada. Tetapi kami berharap pelaksanaan Pilkada serentak ini berjalan aman dan sukses sampai hari H nanti pada tanggal 27 November 2024," bebernya.

Sementara perlu diketahui, usai menggelar kegiatan di wilayah Kecamatan Kahayan Hilir, Pj Bupati Pulang Pisau bersama Tim melaksanakan peninjauan ke salah satu lokasi TPS yang ada di wilayah kecamatan setempat.[manan]

Lebih baru Lebih lama