Tingkatkan Kompetensi Siswa SMK Pertanian, SMK-PP Kementan Kenalkan Teaching Factor

Tingkatkan Kompetensi Siswa SMK Pertanian, SMK-PP Kementan Kenalkan Teaching Factor

BANJARBARU - Guna mencetak SDM Pertanian yang unggul dan berdaya saing, Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan terobosan. 

Selain melalui pelatihan vokasi yang baru-baru ini serentak dilaksanakan diseluruh Indonesia, Kementan mendorong melalui pendidikan vokasi yang juga menjadi kunci terhadap cikal bakal lahirnya petani milenial. 

Lebih lanjut Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman mengatakan, sekolah vokasi seperti SMK-PP, Polbangtan dan PEPI memiliki peran penting untuk memajukan pertanian. 

Ia menambahkan, pertanian pun dapat di digarap dengan cara-cara kekinian. Namun hal tersebut harus didukung oleh SDM yang memadai. Dan Polbangtan dan SMK-PP menjadi ujung tombak dalam hal tersebut.

Secara terpisah, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Idha Widi Arsanti mengatakan, di tangan milenial pembangunan pertanian akan dijalankan. 

Menurutnya, petani milenial adalah penggerak sektor pertanian, khususnya dalam menghadapi industri 4.0. 

SMK PP Negeri Banjarbaru, sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) bidang Pendidikan Vokasi Pertanian di bawah naungan Badan PPSDMP, Kementerian Pertanian (Kementan), terus berupaya meningkatkan kemampuan, kompetensi siswanya, dan kualitas Pendidikan di sekolah. 

Kamis (3/10/2024), Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Banjarbaru, mendapatkan kunjungan dari SMK N 1 Bataguh, Kalimantan Tengah. Adapun Siswa yang berkunjung adalah kelas XII Agibisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) sejumlah 12 siswa dan 3 guru pendamping.

Mereka kali ini diajak untuk mengunjungi Laboratorium Kultur Jaringan, dan Laboratorium Pengolahan Hasil Pertanian di Teaching Factory di Lahan Praktek haji Idak SMK-PP Negeri Banjarbaru.

Kunjungan pertama di laboratorium kultur jaringan mereka dikenalkan dengan beberapa alat yang digunakan di laboratorium tersebut, seperti autoklaf, laminar air flow (LAF) cabinet, pH meter, stirrer, oven dll. 

Kemudian, para siswa melaksanakan praktek pembuatan media tanam, mulai dari penimbangan bahan, pemipetan larutan stok, pengukuran pH, dan juga sterilisasi alat serta media tanam. Selain itu juga melaksanakan praktik sub kultur yang dilakukan di LAF.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi laboratorium pengolahan hasil pertanian. Di sini siswa diperkenalkan dengan produk olahan unggulan SMK-PP Negeri Banjarbaru yaitu Teh Bunga Telang dari bagaimana cara pengolahannya sampai ke pemasarannya. 

Tidak hanya produk Teh Bunga Telang saja, siswa juga diperkenalkan dengan produk olahan siswa SMK-PP Negeri Banjarbaru seperti Cokelat Praline Aneka Isi dengan berbagai varian ada Oreo, Vla Vanila, Selai Srikaya Pandan serta produk olahan lainnya.

Guru dan Ketua Pelaksana dari SMKN 1 Bataguh, I Nyoman Suwinda menyampaikan bahwa ini adalah salah satu program dari jurusan ATPH agar siswa dapat belajar dan mengenal tentang Kultur Jaringan di SMK-PP Negeri Banjarbaru, yang telah memilki laboratorium Kultur Jaringan.

Menanggapi hal ini, Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso selalu menekankan bahwa lulusan dari SMK-PP Banjarbaru ataupun siswa SMK Pertanian lainnya harus bisa menjadi job seeker dan job creator, sehingga dapat memajukan pertanian di Indonesia.[adv]
Lebih baru Lebih lama